cover
Contact Name
I Gde Dhika
Contact Email
mandala@undhirabali.ac.id
Phone
+6282146570258
Journal Mail Official
mandala@undhirabali.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/about/editorialTeam
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Psikologi Mandala
ISSN : 25804065     EISSN : 27455890     DOI : -
Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikometri, Literature Review, Psikologi Eksperimen.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA" : 7 Documents clear
COVER MANDALA COVER MANDALA
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.476 KB)

Abstract

COVER MANDALA
Efektivitas Konseling Eksistensi Humanistik dengan Kebermaknaan Hidup pada Tunanetra Ni Ketut Jeni Adhi
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.14 KB)

Abstract

Abstrak. Akibat dari kondisi disabilitas yang dialami, penderita tuna netra kerap kali merasa kehilangan makna hidup. Penelitian ini hendak menguji implementasi konseling eksistensi humanistik pada peningkatan makna hidup penderita tuna netra. Lima orang penderita tunanetra dipilih untuk mengikuti konseling eksistensi humanistik. Sesi konseling terdiri atas tujuh sesi yang masing-masing sesi dirancang untuk meningkatkan pemahaman diri hingga perubahan sikap. Hasil uji analisis menggunakan teknik Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan kebermaknaan hidup dari partisipan penelitian setelah melalui sesi konseling. Implikasi konseling humanistik dan kebermakanaan hidup pada penelitian ini dibahas lebih lanjut.Kata kunci: kebermaknaan hidup, konseling eksisteni, humanistik, tuna netra
Pengaruh Pemberian Materi Bacaan Bergambar Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas 3 SD Listiyani Dewi Hartika; Cokorda Tesya Kirana; Putu Widiarsana; Luh Ita Diari
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.76 KB)

Abstract

Abstrak. Membaca merupakan elemen penting dalam pembelajaran pada siswa-siswi SD. Kesulitan memahami isi bacaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: fisiologis, pertimbangan neurologis, jenis kelamin, intelektual, lingkungan, psikologis, minat, kematangan sosial, emosi, dan penyesuaian diri. Faktor yang paling dominan yaitu faktor kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh dari posttest kelompok kontrol dan eksperimen adalah sebesar 0,02, p < 0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Namun hasil analisis uji beda terhadap skor pretest dengan posttest kelompok eksperimen, ditemukan signifikansi sebesar 0,133, p > 0,05 yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, hasil data keseluruhan tidak menunjukkan adanya pengaruh pemberian gambar pada bacaan terhadap pemahaman membaca.Kata kunci: Membaca, Materi Bergambar, dan Siswa SD
Efektivitas Media Gambar Terhadap Recall Memory pada Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas III SD Ni Nyoman Ari Indra Dewi; Made Silvia Omegantini; Ni Putu Julian Dian; Dorothea Disa
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.243 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menguji efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan recall memory siswa. Recall memory adalah proses membangkitkan ingatan secara verbal atau perbandingan nyata suatu pengalaman di masa lalu. Tiga puluh siswa kelas 3 SD terlibat sebagai partisipan penelitian dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen yang menerima perlakuan berupa media gambar tidak menunjukkan kemampuan recall memory yang signifikan berbeda dengan kelompok kontrol. Saran dan implementasi dibahas lebih lanjut untuk menerapkan strategi pembelajaran bagi peserta didik.Kata kunci: media gambar, recall memory, siswa
Pengaruh Expressive Writing terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tahun Pertama Diah Widyawati Retnoningtyas; A. A. Gede Agung Angga Atmaja; A. A. Inten Pratiwi; Kadek Dilan Ari Rahayu
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.519 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menguji efektivitas expressive writing untuk menurunkan kecemasan individu. Expressive writing merupakan program menulis yang mendorong seseorang untuk menuangkan pikiran, perasaan, dan pengalaman dirinya. Partisipan dibagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Masing-masing partisipan di tiap kelompok adalah sepuluh orang. Pengukuran kecemasan menggunakan skala kecemasan yang ada pada Depressive, Anxiety, and Stress Scale (DASS). Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kecemasan pada kelompok eksperimen dan perbedaan signifikan antara kelompok yang tidak menerima perlakuan dan kelompok partisipan yang melakukan expressive writing.Kata kunci: kecemasan, expressive writing, DASS
Hubungan Antara Beban Kerja Berlebih dan Beban Keluarga Berlebih dengan Konflik-Kerja Keluarga Muhammad Fariz Fauzi; . Artiawati; Nurlita Endah Karunia
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.47 KB)

Abstract

Abstrak: Beban berlebih adalah suatu kondisi individu dihadapkan dengan suatu tuntutan untuk melakukan lebih dari yang mampu dilakukannya, sehingga dapat menimbulkan konflik kerja keluarga. Penelitian ini ingin menguji hubungan antara beban berlebih di pekerjaan dan beban berlebih di keluarga dengan konflik kerja keluarga. Partisipan penelitian ini adalah 42 guru SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang merupakan total population study. Data diambil menggunakan skala konflik kerja keluarga, beban berlebih di keluarga dan beban berlebih di pekerjaan. Teknik analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan signifikan yang bersifat positif antara beban berlebih di pekerjaan dengan konflik kerja keluarga (r= 0,594; p< 0,05) dan antara beban berlebih di keluarga dengan konflik kerja keluarga (r= 0,511; p= 0,001). Dari hasil uji tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi beban berlebih di pekerjaan maupun keluarga maka semakin tinggi konflik kerja keluarga, begitu juga sebaliknya. Saran bagi subjek penelitian adalah perlunya manajemen yang baik antara kegiatan di rumah dan di pekerjaan agar tidak menimbulkan konflik kerja keluarga. Saran bagi sekolah adalah beban perlu diseimbangkan agar tidak memberikan dampak negatif pada konflik kerja keluarga.Kata kunci: Beban Berlebih Di Pekerjaan, Beban Berlebih Di Keluarga, Konflik Kerja Keluarga, Guru Sekolah Dasar
Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VIII I. G. A. Indah Ardani; Intan Permatasari; Made Surya Bhuana; Ni Made Mega Puspitasari
JURNAL PSIKOLOGI MANDALA Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA
Publisher : Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.077 KB)

Abstract

Abstrak. Ada beberapa pendekatan strategi pembelajaran seperti pembelajaran metakognitif dan kooperatif. Penelitian ini hendak menguji strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar. Tiga puluh siswa kelas VIII (Sekolah Menengah Pertama) menjadi partisipan penelitian terbagi secara random ke kelompok kontrol (tidak menerima perlakuan) dan kelompok eksperimen (belajar dengan menggunakan pendekatan tipe jigsaw). Peneliti menggali data prestasi belajar secara khusus pada matapelajaran Pendidikan Agama Hindu. Pembelajaran kooperatif ini meningkatkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Siswa juga dilaporkan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang tidak menerima perlakuan.Kata kunci: prestasi belajar, strategi pembelajaran, tipe jigsaw

Page 1 of 1 | Total Record : 7